Rabu, 26 Oktober 2016

Hari Ayah Nasional Di Peringati Pada 12 November

Sejarah Peringatan Hari Ayah - Hari Ayah mungkin belum familiar ditelinga kita dibandingkan dengan hari Ibu sehingga tidak banyak orang tahu kapan ditentukannya tanggal memperingati hari untuk ayah kita, namun keberadaan Sang ayah dalam kehidupan sehari hari terutama dalam ruang lingkup keluarga tentulah sangat penting kedudukannya.

Hari Ayah adalah hari untuk menghormati Ayah, begitu kira-kira wikipedia menterjemahkan Hari Ayah Nasional, cukup sederhana tetapi banyak mengandung makna tergantung bagaimana kita menyingkapi dan memperlakukan sejarah hari ayah nasional terutama dikehidupan nyata keseharian kita terhadap keberadaan seorang ayah bagi keluarga.


http://sejarahrakyat.blogspot.co.id/

Biasanya Hari Ayah dirayakan dengan pemberian hadiah kepada ayah dan kegiatan kekeluargaan. Selain semua itu juga Ayah adalah tulang punggung, sandaran, dan pelindung dalam sebuah rumah tangga. Di beberapa negara Eropa dan Timur Tengah, Hari Laki-laki Internasional atau International Men’s Day (dalam bahasa Inggris) diperingati setiap bulan 12 November.

Khusus di Indonesia, peringatan Hari Ayah Nasional tergolong unik. Perayaannya baru dimulai pada 12 November 2006 lalu dan kurang populer di mata kebanyakan rakyat Indonesia. Adalah Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP), komunitas komunikasi lintas agama yang menjadi motor penggerak perayaan hari spesial tersebut.

Pendeklarasian Hari Ayah dilakukan di Pendapa Gede Balaikota Solo, Jawa Tengah. PPIP berangkat dari fakta bahwa ayah sebagai bagian dari keluarga memegang peran sangat penting dalam pembentukan karakter keluarga. Peringatan Hari Ayah juga menunjukkan bahwa orang tua merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Jika ada Hari Ibu untuk mengenang jasa ibu, maka sewajarnya sebagai penyeimbang ada Hari Ayah.

Hari Ayah dinegara kita berbeda dengan yang diberlakukan dinegara lain seperti Amerika, Kepang, Belanda, kanada, Jerman dll. hari ayah ini dinegara USA diperingati pada hari minggu ketiga pada bulan juni dan lebih dikenal dengan nama Father’s Day.

Hari ayah nasional bermula dari prakarsa sebuah komunitas lintas agama pada tahun 2006. Bukan para bapak, hari ayah justru diprakarsai oleh para wanita. Kaum ibu yang tergabung dalam Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP) tersebut menggelar deklarasi di Pendopo Gede Balaikota Solo tepat 8 tahun silam. Selain di Solo, deklarasi serupa juga dihelat oleh PPIP di Maumere, Flores, NTT.

Gress Raja, ketua PPIP waktu itu menyampaikan, hari ayah lahir karena figur ayah yang sangat penting di dalam keluarga, dalam membentuk karakter hidup keluarga.

Pasca deklarasi, PPIP mengirimkan piagam deklarasi hari ayah dan buku ‘Kenangan Buat Ayah’ kepada Presiden RI waktu itu Susilo Bambang Yudhoyono serta 4 bupati di penjuru Indonesia (Sabang, Merauke, Sangir Talaud dan Pulau Rote).

Hari Ayah adalah hari untuk kita kembali mereneungkan keberadaan dan peran Ayah kita dalam membangun rumah tangga dan menjadi tulang punggung keluarga, tak jarang kita lupa akan jasa dan perjuangannya dalam membina keluarga, pada umumnya sosok seorang ayah adalah sosok yang tegar, kuat dan mendidik anaknya dari segi kedisiplinan dan nasehat tentang pentingnya hidup mandiri.

Seorang Ayah adalah figur yang terkadang sulit untuk ditebak secara mudah, ayah adalah orang yang pandai menyembunyikan perasaannya manakala jiwanya tersentuh secara emosional, apabila anaknya mendapat kebahagian dia hanya cukup tersenyum, tetapi tahukah anda dibalik semua itu, ayah terkadang menangis haru dibalik ruangan agar tak terlihat orang lain, bukanlah bersembunyi tetapi ayah berfikir dia adalah sosok yang harus tetap tegar disetiap keadaan untuk keluarganya

Itulah sejarah dan hari peringatan hari ayah nasional yang dapat saya tuliskan, semoga bisa bermanfaat bagi anda yang membacanya.

Description: Hari Ayah Nasional Di Peringati Pada 12 November , Rating: 4.5, Reviewer: Sejarah negeri, ItemReviewed: Hari Ayah Nasional Di Peringati Pada 12 November