Sabtu, 12 September 2015

Sejarah Indonesia Singkat - Penderitaan Rakyat Pada Masa Penjajahan

Penderitaan Rakyat Indonesia Dibawah Penjajahaan - Sebelum berdirinya Negara kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, negara kita adalah negara/daerah jajahan belanda dengan nama Hindia Belanda. Selama kurang lebih 350 tahun sejak masuknya VOC ke tanah Indonesia tahun 1602 sampai masuknya jepang pada tahun 1942. Sebagai bangsa yang terjajah, bangsa Indonesia tidak memiliki kebebasan untuk menentukan nasibnya sendiri.

sejarah rakyat indonesia

Kebebasan atau kemerdekaan yang sebenarnya hak setiap bangsa telah dirampas oleh para penjajah. Kebebasan rakyat Indonesia yang dirampas penjajah tidak hanya kebebasan ekonomi, tetapi juga kebebasan politik dan sosial budaya. Dengan kata lain penjajah bertentangan dengan perikemanusiaan dan perikeadilan serta merupakan pelanggaran Hak Asasi Manusia. Baiklah sob pada blog kali ini saya akan membahas tentang penderitaan rakyat Indonesia dibawah penjajahan. Berikut dibawah ini adalah ulasannya:
Penderitaan Rakyat dalam Penjajahan

A. Penderitaan Rakyat pada saat Penjajahan Belanda Kamu tentu sudah tahu, baik dari pelajaran yang kamu dapatkan pada waktu di SD maupun dari berbagai informasi lain bahwa kondisi bangsa Indonesia pada masa penjajahan sungguh sangat menderita. Akan tetapi, pernahkah kamu sadari bahwa sebelum masukn ya penjajah, sebenarnya bangsa Indonesia adalah bangsa yang kaya raya. Namun, dengan berkembang nya teknologi pelayaran dan mendesaknya kebutuhan ekonomi negara-negara Eropa menyebabkan negara-negara di Eropa melakukan pelayaran untuk mencari sumber-sumber ekonomi baru ke seluruh dunia.

Kemudian, bangsa Eropa, bukan hanya melakukan perdagangan, melainkan langsung men guasai dan menjajah negara-negara yang mereka anggap baru dit emukan. Menurut berbagai sumber sejarah, penjajahan di Indonesia diawali oleh kedatangan tentara Portugis. Kemudian berlanjut dengan kedatangan Belanda sampai akhirnya menjajah Indonesia cukup lama, yakni kurang lebih 350 tahun. Beberapa ahli sejarah menyatakan bahwa penjajahan Belanda di Indonesia dimulai sejak didirikan  nya Vereenigde Oost Indische Compagnie (VOC) pada 20 Maret 1602. Sejak Belanda berada di Indonesia melalui VOC, dimulailah berbagai bentuk kekerasan yang menimpa rakyat Indonesia. Penderitaan rakyat Indonesia terjadi dalam berbagai segi kehidupan. Di berbagai daerah, VOC melakukan tindakan di luar perikemanusian, seperti menyiksa dan membunuh hampir seluruh penduduk di Pulau Banda dan digantikan dengan tenaga kerja budak.

VOC juga membantai rakyat Ambon pada 1623 yang terkenal dengan peristiwa pembantaian Ambon. Berbagai tindakan licik dilakukan oleh VOC, seperti melaksanakan devide et impera (adu domba), yaitu saling mengadu domba antara kerajaan yang satu dengan kerajaan yang lain atau mengadu domba di dalam kerajaan itu sendiri. Politik adu domba ini semakin me- lemah   kan kerajaan-kerajaan di Indonesia dan merusak sistem tingkah laku sosial yang sudah ada. Ketika Daendles berkuasa, rakyat semakin menderita, Daendles memaksa rakyat untuk bekerja paksa (rodi) membangun jalan sepanjang Pulau Jawa (Anyer-Panarukan) untuk kepentingan militer. Penderitaan bangsa Indonesia belum berakhir karena Belanda menerapkan cultuur stelsel (tanam paksa). Tanam paksa menyebab kan rakyat menderita kelaparan dan terjadi imigrasi besar-besaran di Cirebon.

Penderitaan yang dialami oleh bangsa Indonesia mendorong perlawanan yang dipimpin ulama atau kaum bangsawan di berbagai daerah. Perjuangan fisik melawan penjajah Belanda terjadi beberapa daerah anatar lain di Sulawesi Selatan yang dipimpin Sultan Hasanuddin, di Sumatra Barat oleh Tuanku Imam Bonjol, di Jawa Tengah oleh Pangeran Diponegoro, dan Sultan Ageng Tirtayasa di Banten. Perjuangan rakyat Indonesia belum berhasil mengusir penjajah Belanda. Perjuangan fisik oleh para pejuang pergerakan nasional diganti menjadi perjuangan nonfisik, yaitu membangun nilai-nilai pendidikan kebangsaan dan pergerakan melalui jalur politik.

B.Penderitaan Rakyat pada saat Penjajahan Jepang Pendudukan Jepang di Indonesia dimulai 1942 sampai dengan tahun 1945 merupakan rangkaian politik imprealisme Jepang di Asia Tenggara. Jepang mulai menguasai Indonesia setelah Belanda menyerah kepada Jepang dalam Perjanjian Kalijati pada 8 Maret 1942. Setelah menginjakkan kakinya di Indonesia, Jepang men- janjikan akan memberikan ketenangan dan kedamaian bagi bangsa Indonesia. Semboyan “Jepang Pelindung Asia, Jepang Pemimpin Asia, dan Jepang Cahaya Asia” ternyata hanya manis di mulut. Tidak berapa lama setelah Jepang menduduki Indonesia, terjadilah pend eritaan dan kesengs araan yang dirasakan rakyat Indonesia. Penjajahan Jepang pun di mulai. Sejak 9 Maret 1942, Jepang menguasai Indonesia. Dengan segala macam cara Jepang menguras kekayaan dan tenaga rakyat Indonesia.

Hal ini menimbulkan kesengsaraan bagi rakyat Indonesia. Kelaparan terjadi di mana-mana. Rakyat dipaksa untuk menyerahkan padi. Rakyat juga dipaksa menjadi tenaga kerja (romusha). Perlakuan kasar dan tidak manusiawi seperti kurangnya makanan, beratnya pekerjaan, dan perlakuan semena-mena terhadap pekerja romusha menyebabkan ribuan romusha meninggal pada saat bekerja. Di pedesaan, masyarakat dipaksa harus menyerah kan padi dan menanam pohon jarak sebagai bahan minyak pelumas. Dampaknya adalah rakyat menderita kelaparan yang berkepanjangan sehingga mengakibat kan kematian.

Di mana-mana rakyat terpaksa harus memakai baju yang sangat tidak layak untuk dipakai karena terbuat dari karung goni. Penderitaan rakyat ternyata tidak hanya secara fisik, tetapi juga nonfisik. Jepang juga memaksa ribuan wanita Indonesia untuk menjadi pemuas nafsu bejat tentara- tentara Jepang. Martabat wanita yang dijunjung tinggi oleh bangsa Indonesia dirusak oleh Jepang. Perlakuan tentara Jepang terhadap wanita yang dianggap bersalah karena terlibat pergerakan nasional sangat tidak manusiawi. Masa penjajahan Jepang di Indonesia memang lebih pendek jika dibandingkan dengan penjajahan Belanda. Namun penderitaan yang dirasakan bangsa Indonesia selama penjajahan Jepang sangatlah luar biasa. Setelah Jepang mengalami kekalahan dalam perang Asia Timur Raya, ada harapan bagi bangsa Indonesia untuk memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

Dan itulah sejarah singkat mengenai sejarah penderitaan rakyat Indonesia di bawah penjajahan. terimakasih telah berkunjung ke alamat blog kami, semoga blog ini bisa membantu dan bermanfaat bagi kita semua.

Description: Sejarah Indonesia Singkat - Penderitaan Rakyat Pada Masa Penjajahan, Rating: 4.5, Reviewer: Sejarah negeri, ItemReviewed: Sejarah Indonesia Singkat - Penderitaan Rakyat Pada Masa Penjajahan