Jumat, 21 Agustus 2015

Sejarah Singkat Lengkap Hari Pahlawan 10 Nopember

Sejarah Hari Pahlawan - sebentar lagi kita akan memperingati hari pahlawan tepatnya pada tanggal 10 November. Hari pahlawan merupakan hari untuk mengenang jasa-jasa dan pengorbanan para pejuang yang mempertahankan tanah air di beberapa negara. Ia biasanya disambut sempena hari kelahiran seseorang pahlawan, atau hari kepahlawanannya.

Sejarah Singkat Lengkap Hari Pahlawan 10 Nopember

Dalam blog ini kami akan menuliskan sedikit pengetahuan kami tentang sejarah hari pahlawan, berikut ini adalah ulasannya :

Setiap tanggal 10 November untuk memperingati pertempuran Surabaya 1945 antara Indonesia dan Belanda. Peristiwa ini merupakan konflik bersenjara skala besar antara Indonesia dan pasukan asing setelah pengisytiharan Kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.

Berawal pada tanggal 1 Maret 1942 tentara Jepang mendarat di Pulau Jawa. Lalu pada tanggal 8 Maret, pemerintah kolonial Belanda menyerah tanpa syarat kepada Jepang. Dengan dijatuhkan bom atom di Jepang (Hiroshima dan Nagasaki) dalam bulan Agustus 1945 oleh Amerika Serikat, makas pada tanggal 15 Agustus 1945 Jepang menyerah kalah tanpa syarat kepada Sekutu.

Selama tiga tahun Jepang menduduki Indonesia, membuat rakyat Indonesia menderita dan peperangan terus terjadi. Lalu tentara Inggris didatangkan ke Indonesia atas keputusan dan atas nama Sekutu, dengan tugas untuk melucuti tentara Jepang, membebaskan para tawanan yang ditahan Jepang, serta memulangkan tentara Jepang ke negerinya.

Namun dibalik Inggris membantu Indonesia ada misi yang dilakukan yakni mengembalikan Indonesia kepada pemerintah Belanda sebagai jajahannya.NICA (Netherlands Indies Civil Administration) pun membonceng. Itulah yang meledakkan kemarahan rakyat Indonesia di mana-mana.

Perang antara rakyat Indonesia dengan Inggris di Surabaya pun terjadi  hingga Brigadir Jenderal Mallaby, (pimpinan tentara Inggris untuk Jawa Timur) terbunuh, pada 30 Oktober. Setelah Mallaby terbunuh dan diganti oleh Mayor Jenderal Mansergh yang mengeluarkan ultimatum pada jam 6.00 pagi tanggal 10 November 1945.
Pada 10 Nivember pagi, tentara melakukan gencatan senjata dengan mengerahkan sekitar 30 000 serdadu, 50 pesawat terbang, dan sejumlah besar kapal perang.Ribuan penduduk menjadi korban, banyak yang meninggal dan lebih banyak lagi yang luka-luka.Banyaknya pejuang yang gugur dan rakyat yang menjadikorban ketika itulah yang kemudian dikenang sebagaiHari Pahlawan.

Itulah sejarah singkat tentang hari pahlawan, semoga bermanfaat bagi anda yang membacanya. Terimakasih

Description: Sejarah Singkat Lengkap Hari Pahlawan 10 Nopember, Rating: 4.5, Reviewer: Sejarah negeri, ItemReviewed: Sejarah Singkat Lengkap Hari Pahlawan 10 Nopember